Ingin Punya Ruko Untuk Usaha? Baca Yuk Serba Serbi Ruko Berikut dan Harganya

Memulai bisnis atau usaha memang sebaiknya dilakukan di tempat yang terpusat seperti sebuah ruko, terlebih lagi jika usaha tersebut merupakan bisnis yang berhubungan langsung dengan customer. Anda akan membutuhkan ruang sendiri di mana bisa lebih fokus dan terarah pada proses kemajuan dan pengembangan usaha. Dari semua itu, Anda merasa ingin memiliki ruko untuk memulai sebuah usaha. Namun, apa yang seharusnya Anda lakukan terlebih dahulu? Simak uraian berikut ini.


Cara Memiliki Sebuah Ruko

Ada tiga kemungkinan di mana Anda bisa memiliki ruko untuk memulai ruang usaha, yaitu dengan cara membeli secara tunai, membeli secara kredit atau mengangsur dan cara terakhir adalah menyewa. Ketiga cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. Membeli Tunai

Jika Anda tergolong orang yang memiliki modal besar dan berlebih untuk memulai usaha, Anda bisa membeli ruko secara tunai. Ruko tersebut bisa dijadikan aset atau investasi jangka panjang.

2. Membeli Dengan Mengangsur

Membeli ruko dengan cara mengangsur sebenarnya adalah cara yang cukup aman untuk Anda yang memiliki modal terbatas. Namun, banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan mengangsur sebuah ruko. Anda harus memahami kondisi keuangan sendiri dengan seksama untuk memastikan kemampuan membayar angsuran. Jangan sampai ditengah masa tenor, Anda mengalami penurunan pendapat yang akan menyebabkan terhambatnya pembayaran ruko.

3. Menyewa

Cara ini adalah cara yang paling banyak dilakukan. Umumnya, orang-orang akan menyewa sebuah ruko dalam jangka waktu tertentu saat baru memulai sebuah usaha. Mereka melihat sejauh mana bisnis akan berjalan sebelum memutuskan membeli ruko tersebut.

Tips Memilih Ruko Untuk Usaha

Memilih ruko tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, apalagi jika ruko tersebut akan difungsikan sebagai ruang usaha. Berikut ini beberapa tips untuk memilih ruko yang tepat. Diantaranya adalah :

1. Memastikan Lokasi Strategis

Lokasi memang yang paling diperhatikan dalam memilih ruko. Lokasi yang strategis bisa membuat usaha Anda menjadi berkembang dan maju. Seperti kata pepatah, posisi menentukan prestasi. Begitu juga dengan ruko yang strategis akan menentukan kelangsungan usaha atau bisnis Anda.

2. Cek juga akses jalan

Akses jalan juga cukup penting untuk diperhatikan. Meskipun lokasi ruko cukup strategis yakni berada dipusat kota, namun jika akses jalan agak susah ditempuh, bisa jadi usaha Anda juga ikut terhambat. Contohnya, jalan raya yang rusak berat, macet di jam-jam tertentu, dan lain sebagainya.

3. Periksa Fasilitas Ruko

Pastikan Anda memeriksa semua fasilitas yang disediakan oleh ruko seperti air, listrik, tempat pembuangan, dan lain sebagainya. Pastikan semua fasilitas yang mendukung usaha Anda sudah dilengkapi dengan sempurna. Ambil saja contoh jika Anda ingin membuka bisnis laundry. Akan menyusahkan jika saluran air yang terpasang hanya satu, PDAM saja atau air sumur saja. Bagaimana jika PDAM tiba-tiba memutus saluran karena perbaikan? Atau kondisi dimana terjadi pemadaman listrik sehingga Anda tidak bisa menggunakan pompa air untuk mengambil air di sumur? Semua detail seperti itu harus Anda pikirkan.

4. Bandingkan Harga

Yang paling penting dalam hal keinginan memiliki ruko adalah masalah harga. Lakukan survey dan cek di lingkungan yang sama atau lingkungan lain mengenai harga ruko. Jangan buru-buru memutuskan membeli sebuah ruko begitu melihat harganya yang terbilang murah dibandingkan dengan ruko lainnya karena pasti ada kekurangan dalam ruko tersebut.

Memulai usaha tidak selalu dengan membeli sebuah ruko. Anda bisa menyewanya sementara waktu sambil melihat kemampuan dan perkembangan usaha atau bisnis Anda. Dan jika memang telah merasa yakin untuk membeli ruko, sebaiknya lakukan tips diatas sebelum memilih ruko.