Pilih Warung Toko atau Rumah Toko? Intip Kelebihan Kekurangannya!

Apakah Anda tertarik melakukan investasi bisnis? Ada berbagai cara yang bisa dilakukan jika Anda tertarik untuk membuat investasi bisnis. Salah satunya yakni dengan mendirikan ruko (rumah toko) ataupun warung toko. Ruko misalnya, bisa menjadi peluang besar bagi Anda dalam berniaga. Biasanya ruko tak hanya menjadi tempat berbisnis tapi juga untuk hunian.


Hal itu pun kian mendorong beberapa pengembang (developer) untuk membangun deretan ruko. Pengembangan itu semakin memudahkan masyarakat untuk cari ruko yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Begitu pula dengan warung toko, yang juga berfungsi sebagai tempat kegiatan jual beli. Namun, pada dasarnya kedua jenis tempat usaha ini memiliki perbedaan.

Kelebihan dan Kekurangan Warung Toko

Warung toko, atau lebih akrab dikenal sebagai toko kelontong, menjadi jenis usaha yang cukup banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bisnis ini dianggap menjanjikan. Namun, sebelum Anda membuka bisnis warung toko, sebaiknya ketahui dahulu beberapa hal berikut.

1. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Kios

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya jika warung toko yang Anda buka masih menjadi bagian rumah Anda. Tidak perlu juga memiliki anggaran khusus untuk sewa dalam kurun waktu tertentu. Pendapatan yang Anda peroleh dari hasil penjualan pun bisa ditabung untuk keperluan lain atau sebagai modal dagang. Dengan manajemen keungan dan strategi pemasaran yang baik, Anda bisa memperoleh keuntungan lebih melalui warung toko.

2. Mudah Dijangkau Pembeli

Biasanya salah satu alasan seseorang mendirikan warung toko adalah melihat daerah sekitar yang cukup jauh dari pusat keramaian. Ambil contoh seperti ini, Anda memiliki rumah yang cukup jauh dari jalan besar. Warung terdekat di sekitar kawasan rumah Anda jaraknya sekitar setengah hingga satu kilometer jika ditempuh dengan kendaraan bermotor. Sedangkan warga sekitar rumah Anda kerap memerlukan beberapa kebutuhan pokok. Nah, hal itu bisa menjadi peluang Anda membuka warung toko yang mudah dijangkau pembeli.

3. Tak Memiliki Gudang Khusus

Membangun sebuah bisnis jual beli untuk kebutuhan barang-barang pokok seperti sembako, memerlukan tempat khusus sebagai gudang penyimpanan. Jika Anda berencana membuat warung yang jadi satu dengan rumah, maka pastikan Anda punya lahan untuk gudang. Tidak adanya tempat penyimpanan sementara akan membuat rumah Anda berantakan.

4. Keuntungan Tidak Terlalu Fantastis

Membuka warung toko biasanya tidak mendapat keuntungan yang fantastis. Anda tetap dapat untung namun tidak sebanyak jika membuka usaha dengan menyewa kios di tempat-tempat strategis.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Toko

Rumah toko (ruko) cukup banyak diminati oleh para pelaku usaha, khususnya ruko yang dibangun di kawasan strategis. Misalnya seperti kawasan perumahan, pinggir jalan, dekat kawasan perdagangan, atau tempat strategis lainnya. Nah, jika Anda berminat untuk melakukan investasi bisnis dengan mendirikan ruko, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut.

1. Cepat Balik Modal

Membuka investasi bisnis melalui ruko diyakini memberi prospek yang menguntungkan untuk jangka waktu tertentu. Biasanya orang yang menyewa ruko minimal ingin balik modal atau memperoleh keuntungan. Keuntungan itu bisa Anda dapatkan sekitar setahun lebih jika bisnis yang dijalankan berjalan sesuai rencana. Keuntungan itu bahkan mungkin bisa lebih cepat didapatkan jika ruko Anda berada di lokasi-lokasi strategis.

2. Bisa Menjadi Prospek Investasi

Anda bisa membeli ruko untuk keperluan investasi. Anda bisa membeli satu slot bangunan ruko. Setelah itu buka usaha penyewaan ruko. Nah, dari situ Anda bisa mendapat pemasukan. Harga jual ruko pun bisa semakin mahal jika letaknya strategis.

3. Tempat Usaha sekaligus Tempat Tinggal

Ruko memiliki fungsi ganda yakni sebagai tempat usaha dan tempat tinggal. Ruko pun menjadi solusi praktis bagi Anda yang ingin memiliki rumah sekaligus berbisnis. Biasanya ruko dibangun lebih dari dua lantai. Lantai bawah untuk usaha, sedangkan lantai di atasnya bisa menjadi tempat tinggal. Dengan ruko, Anda juga lebih mudah menemukan ruang khusus gudang usaha Anda.

4. Mengeluarkan Biaya Lain

Jika Anda menyewa ruko, maka siap-siap dengan anggaran uang sewa. Jika bisnis Anda berjalan lancar, maka uang sewa pun tak menjadi masalah. Namun apabila sebaliknya, uang sewa justru akan menjadi beban Anda.

Masing-masing tempat usaha tersebut memiliki risikonya masing-masing. Nah, kini tergantung pada kebutuhan dan kemampuan Anda.